dari katong par katong samua

Mantan Direktur Pala Banda Divonis Empat

57
Mahkamah Agung RI menjatuhkan vonis empat tahun penjara terhadap Sumitro Malok, mantan Direktur Umum dan Keuangan PT. Pala Banda Permai dalam kasus korupsi anggaran operasional tahun 2010 hingga tahun 2013.

Ambon, Tribun-Maluku.com : Mahkamah Agung RI menjatuhkan vonis empat tahun penjara terhadap Sumitro Malok, mantan Direktur Umum dan Keuangan PT. Pala Banda Permai dalam kasus korupsi anggaran operasional tahun 2010 hingga tahun 2013.

“Putusan MA juga membatalkan putusan banding majelis hakim tipikor pada Kantor Pengadilan Tinggi Ambon yang telah membebaskan Sumtro dari segala dakwaan jaksa penuntut umum,” kata Humas Pengadilan Negeri Ambon, Heri Setyobudi di Ambon, Senin (4/9).

Majelis hakim MA juga menghukum Sumitro untuk membayar denda Rp400 juta subsider enam bulan kurungan karena terbukti melanggar pasal 2 dan pasal 3 juncto pasal 18 Undang-Undang korupsi nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001.

Dalam salinan putusan MA juga menyatakan yang bersangkutan dihukum membayar uang pengganti sebesar Rp327,4 dan harta bendanya akan disita jaksa untuk dilelang.

Bila tidak mencukupi pembayaran uang pengganti maka Sumtro akan dikenakan hukuman tambahan berupa kurungan selama enam bulan.

Awalnya Sumitro dijatuhi hukuman selama dua tahun penjara, denda Rp50 juta subsider tiga bulan kurungan dan membayar uang pengganti RpRp563,7 juta subsider enam bulan kurungan oleh majelis hakim tipikor pada Kantor PN Ambon.

Sehingga dia melakukan banding ke PT Ambon dan divonis bebas, namun jaksa kembali melakukan upaya kasasi ke MA dan menghukumnya selama empat tahun penjara.

Comments are closed.

%d bloggers like this: