dari katong par katong samua

PLN Luncurkan SPLU Pertama Di Maluku

88

Ambon, Tribun-Maluku.com : PT PLN meluncurkan Penyedia Listrik Umum Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) pertama di provinsi Maluku yakni di kota Ambon, sebagai upaya menyediakan kebutuhan listrik di tempat umum.

Peluncuran SPLU dilakukan Direktur Regional Bisnis Maluku dan Papua PLN Ahmad Rofik dan GM PLN UIP Maluku Didik Sudarmadi, yang ditandai dengan pengisian token perdana pada SPLU, Rabu (6/9).

Direktur Regional Bisnis Maluku dan Papua PLN Ahmad Rofik mengatakan, SPLU merupakan langkah PLN mendekatkan diri dengan pelanggan.

“Peluncuran SPLU bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional tahun 2017, sekaligus sebagai suatu langkah maju PLN untuk semakin mendekatkan diri dengan pelanggan,” katanya.

Ia mengatakan, SPLU ditempatkan di Pattimura park, guna memudahkan masyarakat terutama saat berada di tempat umum, masyarakat tidak perlu bingung jika membutuhkan listrik bahkan untuk mengisi baterai ponsel.

SPLU merupakan, solusi dari PLN untuk kebutuhan listrik masyarakat perkotaan modern. Yang akan merasakan manfaat dari munculnya SPLU adalah pedagang kaki lima, outdoor events, dan kegiatan konstruksi bangunan pun dapat memanfaatkannya.

“SPLU juga dipersiapkan untuk menyongsong era kendaraan listrik yang ramah lingkungan, masyarakat yang membutuhkan listrik cukup mengisi pulsanya saja di SPLU”, ujar dia.

Menurut dia, mekanisme penggunaannya sama seperti layanan listrik prabayar, yaitu dengan membeli token listrik (stroom) prabayar di Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, Kantor Pos, maupun loket pembayaran lainnya.

“Setelah membeli token, maka nomor token yang telah dibeli, dapat diisi pada SPLU yang terpasang. Layanan SPLU ini terbuka untuk masyarakat umum,” ujarnya.

Sementara itu General Manager PLN M2U, Djoko Dwijatno menyatakan, SPLU ini merupakan solusi yang aman, legal dan mudah untuk diakses oleh masyarakat. Lokasi SPLU ini sendiri dapat diakses melalui aplikasi Google Maps.

Saat ini, SPLU yang telah dipasang PLN Area Ambon sebanyak satu unit yang ditempatkan di kawasan Pattimura Park Ambon.

Kedepan akan dibangun puluhan hingga ratusan SPLU di Kota Ambon, yang akan ditempatkan di sejumlah lokasi strategis dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum, tentu sesuai dengan kebutuhan yang ada.

“Hadirnya SPLU ini untuk melayani kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum, seperti para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau PKL. Inovasi dari PLN ini juga dapat digunakan sebagai infrastruktur pengisian kendaraan listrik untuk menjawab tantangan kemajuan teknologi ke depan,” tandasnya.

Comments are closed.

%d bloggers like this: