dari katong par katong samua

Polda Ingatkan Warga Waspadai Aksi Penjambretan

1,017
Ilustrasi

Ambon, Tribun-Maluku.com : Kepolisian Daerah Maluku mengingatkan warga khususnya di Pulau Ambon agar mewaspadai maraknya aksi penjambretan yang dilakukan para pelaku dengan menggunakan sepeda motor.

“Sebaiknya batasi penggunaan barang berharga seperti kalung, gelang, atau cincin saat keluar rumah terutama di malam hari, karena bisa menjadi perhatian penjambret,” kata Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Richard Tatuh di Ambon, Sabtu (9/9).

Ia juga menyatakan pengambilan uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang lokasinya sepi dan jauh dari keramaian juga sering dijadikan sasaran para pelaku kejahatan mengincar korbannya.

Para pelaku jambret tergolong berani dan sangat nekat karena aksinya dilakukan baik siang maupun malam hari dan sasarannya adalah telepon genggam atau tas serta dompet yang sedang dipegang korban, seperti yang terjadi di kawasan Karang panjang, Halong, dan Poka.

Menurut Kabid Humas, pada Kamis (7/9) dinihari terjadi aksi penjambretan yang dilakukan dua pengendara motor terhadap seorang wanita di jalan Tulukabessy, tepatnya di depan Kantor Dinas PU Maluku.

“Dua wanita muda yang baru pulang dengan sepeda motor ojek ini dihampiri dua orang pelaku yang kemudian merampas tas dan gelang milik korban hingga terjatuh,” katanya.

Namun upaya perampokan itu digagalkan seorang tukang ojek lainnya yang kebetulan melintasi kawasan tersebut, dia sempat berkelahi dengan para pelaku.

Akhirnya dua penjambret ini melarikan diri dan meninggalkan sepeda motor mereka.

“Selain menyita sepeda motor, polisi juga berhasil meringkus kedua penjambret tersebut setelah melihat rekaman kamera pengintai sebuah toko yang ada di lokasi kejadian,” jelas Kabid Humas.

Para pelaku yang diringkus polisi itu berinisial JN dan YS, dan mereka saat ini menjalani pemeriksaan di Polres Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: