dari katong par katong samua

Momentum Haornas, Mampu Satukan Perbedaan

45
Dr. Zeth Sahuburua

AMBON Tribun-Maluku.com- Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke XXXIV  tahun 2017 adalah momentum, dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Olahragapun menyusup sampai ke masyarakat.

Demikian sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Iman Nahrawi yang dibacahkan oleh Wakil Gubernur Maluku Dr. Zeth Sahuburua, saat menjadi Inspektur upacara pada peringatan Haornas di lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (9//9/2017).

Menurut Menpora, tiga kegiatan utama yang difasilitasi pihaknya adalah Gowes Pesona Nusantara, Gala Desa dan Liga Sepek Bola Pelajar Berjenjang, yang bertujuan mengajak masyarakat agar mau bergerak dan terbiasa melakukan aktivitas fisik, sehingga menjadikan olahraga sebagai gaya hidup.

Budaya olahraga tidak bertumbuh secara instan, tetapi harus melalui proses yang berjenjang dan berkelanjutan mulai dari lingkungan terkecil (keluarga) sampai ke komunitas masyarakat yang lebih besar.

Oleh karena itu, sangat diperlukan peran serta keluarga dengan menerapkan pola hidup aktif dalam aktivitas sehari-hari.

Tema Hari Olahraga Nasional 2017 yakni, Olahraga Menyatukan Kita. Makna dalam tema tersebut melalui Olahraga; tumbuh kembali semangat cinta tanah air, cinta budaya bangsa, memahami berbagai perbedaan, menyatukan jiwa dan semangat kebangsaan.

Selain itu dalam peningkatan olahraga prestasi, kita kuatkan pembinaan yang sistematis, berjenjang dan berkesinambungan, diperkuat dengan penerapan IPTEK Olahraga, serta peningkatan jumlah dan mutu tenaga keolahragaan.

Menpora mengharapkan kepada seluruh komponen bangsa baik pusat maupun daerah, yang telah menggerakan masyarakat untuk berolahraga dan juga telah bekerja keras, untuk membina para atlit hingga mencapai prestasi terbaik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Semmy Huwae kepada Pers mengatakan, momentum Haornas tahun 2017 ini menjadikan pemerintah membangun semangat olahraga sebagai momentum persatuan dan kesatuan.

“Tidak ada lagi sekat antara suku, agama, ras, serta apapun bentuknya, karena olahraga bisa menghilangkan sekat tersebut,”ucapnya.(TM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: