dari katong par katong samua

Harga Bawang Di Ambon Turun

1,059

Ambon, Tribun-Maluku.com : Harga bawang merah maupun bawang putih yang ditawarkan para pedagang di lokasi pasar tradisional Kota Ambon mulai bergerak turun jika dibandingkan dengan dua hari sebelumnya.

Hasil pemantauan di Pasar Mardika, Pasar Lama dan Batu Merah, Rabu (13/9), terlihat para pedagang menawarkan harga bawang merah maupun bawang putih Rp30.000/kg atau turun dari sebelumnya yakni bawang putih Rp32.000, dan bawang merah Rp34.000/kg.

“Sekarang ini stok cukup banyak, dan bawang sekarang ini cukup bagus dan besar-besar,” kata Halima pedagang bawang di pintu masuk pasar Mardika.

Dia mengatakan, sekarang ini kebanyakan masyarakat membeli di atas dua kilogram, mereka umumnya mempergunakan kesempatan bukan saja karena harga mulai turun tetapi buah bawang sangat besar dan bagus-bagus.

Mudah-mudahan kondisi ini bisa bertahan agak lama mengingat stok dimana-mana cukup banyak diimbangi dengan arus pasok dari Surabaya lancar.

Inang agen pemasok bawang dari Surabaya ketika di konfirmasi di toko miliknya mengakui kalau sekarang ini harga bawang di sentra produksi terjadi penurunan harga.

Karena itu harga bawang yang dipatok kepada pedagang eceran di Ambon harga kotor Rp22.000/kg baik bawang merah maupun putih. Dengan harapan mereka menjual kepada para pembeli atau ibu-ibu yang berbelanja di pasar dengan harga Rp30.000/kg.

“Cukup bagus hasil panen bawang sekarang ini baik bawang putih maupun bawang merah, buahnya besar-besar dan menarik para pembeli,” ujarnya.

Sedangkan hasil pantauan harga bumbu lain seperti cabai rawit berkisar antara Rp55.000 hingga Rp60.000, eceran Rp7.000/cupa (cupa adalah ukuran satu kaleng susu kental manis cap nona) dan cabai keriting panjang Rp50.000/kg, eceran Rp5.000/tumpuk kecil. buat tomat Rp14.000/kg, sedangkan kunyit, lengkus, halia rata-rata Rp5.000/ikat kecil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: