dari katong par katong samua

Harga Berbagai Jenis Ikan di Ambon Naik

1,079

BERITA MALUKU. Harga berbagai jenis ikan segar seperti cakalang, kawalinya, momar maupun tatihu dan jenis ikan karang lainnya yang ditawarkan para pedagang di Pasar Ikan Arumbai, Kota Ambon, Kamis (14/9/2017) bergerak naik.

Para pedagang mematok harga ikan cakalang segar hingga mencapai Rp90.000/ekor tergantung ukuran atau naik dari sebelumnya Rp60.000.

Sedangkan ikan tatihu yang harganya biasa dibawah harga ikan cakalang sekarang ini ikut bersaing hingga mencapai Rp80.000/ekor tergasntung ukuiran.

“Patokan harga ini sudah diperhitungkan untung dan rugi, sebab kami juga beli dari nelayan dengan harga yang mahal,” kata Wahab pedagang ikan cakalang yang di Pasar Mardikas.

Patokan harga yang saya tawarkan kepada pembeli, katanya, sudah merupakan harga tangan kedua.

Wahab menjelaskan biasanya kalau pasokan ikan dari nelayan masuk ke Pasar Mardika dalam jumlah yang sedikit maupun banyak langsung ditangani oleh pihak pertamadan , sesudah itu baru disalurkan ke pedagang eceran.

“Kondisi seperti ini sudah berlangsung cukup lama, karena itu banyak istri nelayan yang langsung menjual di pasar kepada masyarakat Ambon yang datang berbelanja,” ujarnya.

Bukan saja ikan cakalang maupun tatihu, lanjutnya, tetapi berlaku bagi semua ikan segar yang masuk pasar.

Uyah, pedagang yang berjualan berdampingan dengan Wahab mengatakan, ada juga masyarakat yang membeli eceran yakni ikan cakalang maupun tatihu atau jenis ikan besar lainnya yang sudah dipotong-potong dengan harga Rp25.000/potong maupun Rp20.000/potong, tinggal mana yang diinginkan langsung beli.

Dia mengatakan di Pasar Ikan Arumbai para pedagang selama ini menjual ikan tidak dengan ukuran kiloan, tetapi tergantung ukuran besar atau kecil ikan.

“Terserah pembeli mau ukuran yang mana. Hanya saja harganya tetap tergantung ukuran ikan,” ujar Umar.

Begitu juga ikan sembung seperti jenis momar dan kawalinya hingga sekarang ini para pedagang tetap mematok harga Rp20.000/tumpuk (enam ekor), cumi Rp10.000/tumpuk (15 ekor kecil), ikan kerapu Rp40.000 hingga Rp50.000/ekor tergantung ukuran, dan udang Rp50.000/tumpuk kecil (20 ekor).

Sedangkan, daging ayam pedaging produksi lokal Rp55.000 hingga Rp60.000/ekor juga tergantung ukuran, daging ayam beku asal Surabaya Rp32.000/kg, daging ayam kampung Rp80.000 hingga Rp90.000/ekor tergantung ukuran, dan telur ayam ras bervariasi Rp1.500 hingga Rp1.600/butir.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: