dari katong par katong samua

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Anakotta : Nilai Kebangsaan Sudah Harus Ditanamkan Sejak Usia Dini

158

AMBON-MALUKU. Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Novita Anakotta, SH.,MH, menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Sosialisasi Empat Pilar ini dilaksanakan pada SMA Unggulan Saumlaki, kemarin dengan melibatkan para siswa dan juga dewan guru.

Dalam paparannya, Anakotta menekankan pentingnya menanamkan nilai kebangsaan pada generasi muda. Hal ini dilatarbelakangi kondisi bangsa yang dewasa ini sudah sangat memprihatinkan dari sisi pengamalan nilai-nilai kebangsaan.

“Gerakan intoleran sudah sangat merajalela di Bangsa kita, bahkan sudah menembus elemen pemuda, pelajar dan mahasiswa. Oleh karena itu penting sekali untuk adik-adik memahami tentang nilai-nilai kebangsaan, “ Jelas Anakotta, Jumat (20/4).

Lebih lanjut dirinya mengatakan sosilasi Empat Pilar Kebangsaan yang motori oleh lembaga MPR bukan sekedar untuk kegiatan seremonial semata, tetapi kegiatan ini penting untuk kita menyentuh kembali masyarakat untuk memahami penting nilai kebangsaan.

“Memahami nilai-nilai kebangsaan yang terkadung dalam Empat Pilar Kebangsaan ini penting sekali. Apalagi buat generasi muda seperti adik-adik, penting sekali untuk ditanamkan nilai kebangsaan sejak dini, “ cetus Anggota DPD RI dapil Maluku ini.

Negara Indonesia menurut Anakotta sudah sangat memprihatinkan. Gerakan intoleran, hate speeh, penyebaran berita HOAX yang bertujuan untuk memprovokasi masyarakat menjadi masalah yang sangat serius saat ini.

“Indonesia ini menurut saya sudah sangat darurat intoleran. Nah ini yang menjadi focus penting bagi para generasi muda untuk dapat melawan hal ini. Hate speech dan penyebaran berita Hoax yang sudah sangat marak terjadi justru lebih banyak menyasar generasi muda. Dan ini penting untuk dilihat secara bersama, “ terangnya.

Kegiatan ini mendapat antusias dari para peserta yang ada. Banyak siswa yang meberikan pertanyaa seputar materi Empat Pilar serta tugas dan fungsi Anggota MPR, DPD, DPR RI. Ini menunjukan bahwa mereka serius dalam mendengar materi serta tertarik untuk mendalami apa itu Empat Pilar Kebangsaan “ tutup Anakotta. (AM-08)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: