dari katong par katong samua

GPM : “SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1439 HIJRIYAH”

Pdt.E.T.Maspaitella,M.Si : "Puasa Jadi Berkat Ilahi Untuk Kedamaian Bangsa"

158

AMBON-MALUKU. Marhaban Ya Ramadhan, Bulan penuh berkah bagi seluruh Umat Islam di dunia akhirnya tiba, termasuk di bumi Raja-raja Maluku tercinta, seluruh umat Muslim mulai mempersiapkan hati untuk siap menunaikannya.

Dalam semangat bingkai kebersamaan itu pula, Gereja Protestan Maluku (GPM) tak lupa menyampaikan selamat kepada seluruh basudara “Salam” (Islam) di Maluku dan Maluku Utara yang akan memasuki ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriyah/2018 Masehi.

“Warga GPM menyampaikan selamat memasuki dan menjalani ibadah suci di Puasa Ramadhan 1439 Hijriyah/2018 Masehi kepada semua basudara Salam di Maluku dan Maluku Utara,” demikian disampaikan Sekretaris Umum MPH Sinode GPM, Pdt E.T.Maspaitella,M.Si kepada redaksi di Ambon, Rabu, (16/5).

Menurut Maspaitella, GPM sangat menyakini bahwa Bulan Suci Ramahdan bukan sekedar sebuah prosesi keagamaan, namun lebih dari itu, Puasa dijadikan sebagai media untuk merajut persaudaraan sebagai satu bangsa dan memberi berkat Ilahi untuk mewujudkan bangsa yang damai.

“Dalam rajutan persaudaraan sebagai satu bangsa, kami yakin bahwa ibadah Puasa Ramadhan ini akan memberi kepada kita berkat Ilahi, yakni perwujudan bangsa yang damai. Kami yakin basudara Salam akan juga berdoa untuk keamanan dan perdamaian bangsa,” jelas Maspaitella.

Hubungan persaudaraan sesama anak bangsa di Maluku yang menjunjung tinggi budaya pela gandong, Maspaitella inginkan Bulan Ramadhan ini dijadikan sebagai momentum untuk lebih memperkokoh persaudaraan dalam semangat nilai-nilai kebudayaan.

“Karena itu mari kita perkokoh persaudaraan dalam bingkai nilai2 kebudayaan yang terkristal dalam nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ideologi pemersatu semua elemen bangsa di Indonesia,” Ingatnya.

Dan khusus bagi warga GPM, Mantan Ketua Pengurus Besar AMGPM ini pesankan, untuk juga perkokoh pembinaan umat dalam semangat toleransi yang didorong oleh kasih persaudaraan yang tulus murni.

“Warga gereja dan pelayan GPM pun dihimbau untuk semakin memperkokoh pembinaan umat dalam semangat toleransi dan didorong oleh kasih persaudaraan yang tulus murni,” pesannya.

Diakhir komentarnya, Maspaitella minta agar umat GPM tidak perlu terpengaruh dengan gerakan-gerakan terorisme yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia maupun di belahan dunia lain, namun tetap menjaga persaudaraan sesama anak Maluku.

“Tidak usah terpengaruh dengan gerakan-gerakan terorisme yang terjadi. Tetap jaga persaudaraan karna Maluku adalah negeri yang damai dan harus jadi contoh bagi Indonesia dan dunia,” tutupnya seraya mengucapakan Selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1439 H/2018 Masehi, dan salam damai orang basudara. (AM-08)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: