dari katong par katong samua

Latupono Ingatkan Warga Untuk Tingkatkan Toleransi Dalam Semangat Persaudaraan Pela dan Gandong

152

AMBON-MALUKU. Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono Spi berharap toleransi antar umat beragama di Kota Ambon harus terus dijaga dan dipelihara.

Saling menghargai, menghormati dan mengedepankan semangat Pela dan Gandong dalam hidup bermasyarakat akan memperkuat tali persaudaraan di antara sesama warga.

“Kita harus terus meng-ingatkan satu dengan yang lain dalam bingkai orang basudara. Bahwa begitu penting untuk menjaga tali silahturami dengan sesama kita orang basudara baik muslim maupun nasarani. Nilai-nilai toleransi antar umat beragama harus tetap dijaga dan dipelihara. Katong samua adalah orang basudara yang terbingkai dalam semangat Pela dan Gandong. Dengan demikian, apapun bentuk provokasi dan isu yang menyesatkan tidak akan mampan di masyarakat. Sebab ini senjata kita untuk tetap menjaga Kota Ambon bahkan Provinsi Maluku ini dari perpecahan dan konflik,” ungkap Latupono kepada media online Ambon Manise melalui telepon selulernya, Rabu (16/5) siang itu.

Menurut ia, situasi keamanan Negara saat ini cukup mencekam dengan adanya serangan teror dari para teroris. Korban jiwa terus berjatuhan, baik anak-anak maupun aparat keamanan pun turut menjadi korban dari aksi bom bunuh diri ini.

Kondisi ini lanjut Aleg peraih piagam penghargaan The Best Indonesia Leader Award 2018 ini, sangat berdampak di berbagai daerah lainnya termasuk Kota Ambon provinsi Maluku. Ada rasa takut untuk ber-aktifitas. Penjagaan mulai diperketat di beberapa instansi pemerintah termasuk di Instalasi militer (TNI/Polri).

Namun menurut ia, warga harus memberikan kepercayaan penuh kepada TNI/polri untuk menangani masalah keamanan di kota ini.

“Saya kira, rasa was-was itu hal yang wajar, tetapi jangan sampai melumpuhkan seluruh aktifitas kita. Mari kita serahkan seluruh proses pengamanan kepada aparat keamanan. Saya yakin, aparat keamanan telah mengantisipasi segala kemungkinan termasuk bentuk-bentuk serangan teror oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab,” kata politisi Partai Gerindra ini.

Dirinya meminta seluruh warga untuk bergandeng tangan menjaga situasi kota ini tetap aman dan damai.

“Kita sementara diperhadapkan dengan bulan puasa dan Perayaan Idul Fitry nantinya. Olehnya itu saya menghimbau, kita tetap saling hormat-menghormati satu dengan yang lain. Toleransi antar umat beragama tetap dijaga. Bagi umat muslim bulan ramadhan ini harus dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat keimanan kita terhadap Allah SWT. Sebab bulan puasa adalah bulan berkat. Tingkatkan amal ibadah kita dan terus mendekatkan diri kepada sang pencipta. Sementara untuk basudara nasarani, agar mendukung saudara-saudara kita yang melaksanakan ibadah puasa. Mari kita tunjukan kepada semua orang bahwa Ambon adalah kota yang aman dan damai. Kota yang menjunjung tinggi keragaman. Ibadah di gereja, basudara muslim turut menjaga keamanan dan sebaliknya, saat basudara muslim melaksanakan ibadah di Masjid, basudara nasarani ikut mengamankan. Budaya ini hanya ada di sini, dan itu harus dipertahankan,” kata Latupono yang juga Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Ambon.

Diakhir wawancaranya, Aleg DPRD Kota Ambon dua periode ini mengucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa bagi umat muslim di Kota Ambon, semoga amal ibadahnya di dengar Allah SWT,” tutup Latupono. (AM-01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: