dari katong par katong samua

SANTUN KALAH DI KOTA AMBON, RR HARUS MUNDUR

115

AMBON-MALUKU. Petahana Gubernur Maluku, Said Assagaff dipastikan tumbang dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku 2018.

Pasangan nomor urut 2, Irjen (Pol) Murad Ismail-Ir Barnabas Orno (BAILEO) unggul sementara dengan presentasi suara 40,63 persen berdasarkan perhitungan cepat (Quick Count) versus Lembaga survei Konsultan Citra Indonesia (KCI) yang dirilis Rabu (27/6) di hotel Santika sore tadi.

Petahana gubernur Maluku yang berpasangan dengan Bupati Kabupaten Maluku Tenggara, Andreas Rentanubun sementara berada diposisi kedua dengan presentasi suara 32,10 persen suara. Posisi ketiga ditempati koalisi rakyat Herman Koedoeboen dan Abddulah Vanath (HEBAT) dengan presentasi suara 27,27 persen suara.

Menariknya pasangan Hebat mampu menumbangi dua ritualnya (Baileo-Santun) di kota Ambon.

Pasangan Hebat berhasil mendapat 37,92 persen suara. Kedua disusul pasangan Baileo 34,08 persen. Sementara pasangan Santun (Petahana-red), hanya mampu memperoleh 28,00 persen suara.

Kemenangan hebat di kota Ambon membawa ancamam tersendiri bagi politisi Golkar Maluku yang juga wakil ketua DPRD Provinsi Maluku, Richard Rahakbauw atau biasa disapa (RR)

Pasalnya, RR pernah bersumbar dalam orasi politiknya dihadapan pasangan calon Santun dan ratusan kader beringin kota Ambon belum lama ini, bahwa jikalau pasangan Santun kalah saat pemilihan pilgub 27 Juni 2018 di Kota Ambon maka dirinya (RR-red) siap mengundurkan diri dari jabatan pimpinan DPRD Provinsi Maluku.

Dengan kekalahan Santun di Kota Ambon, maka janji politik RR harus digenapi sebagai bukti bahwa dirinya adalah politisi yang berkomitmen.

“Kita tantang RR, apakah dia berani melepaskan jabatannya atau tidak? kalau memang betul jabatan wakil ketua DPRD Provinsi Maluku ia lepaskan, bagi kami, RR sangat jentelmen,” kata salah satu warga kota Ambon Fredy Kilikily saat diminta tanggapannya.

Hingga saat ini tim sukses pasangan Santun belum memberikan tanggapan terkait hasil perhitungan cepat baik versus Metro TV maupun lembaga survei KCI.

Calon Gubernur Maluku, Irjen (Pol) Ismail usai mendengar hasil Ouick Count sore tadi berjanji kalau pasangan Baileo menang dalam pilgub 2018 ini dirinya (Murad-red) bersama Barnabas Orno akan makan patita bersama dengan masyarakat.

Mantan Kakor Brimob ini juga mengajak seluruh pendukung pasangan Santun dan Hebat untuk bersama-sama untuk merayakan kemenangan ini.

“Bagi saya, ini kemenangan kita semua sebagai warga Maluku. Pada saatnya kita bersatu untuk bangun Maluku agar lebih baik lagi,” pungkas ia dihadapan pendukungnya, sore tadi di kediaman pribadinya di Desa Poka Kelurahan Tihu kecamatan Teluk Ambon. (AM-01)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: