dari katong par katong samua

Ini Tanggapan Aleg Gerindra Terkait Rencana Walikota Ambon Ke Luar Negeri

179

AMBON-MALUKU. Wakil Ketua DPRD Kota Ambon dari partai Gerindra, Rustam Latupono menilai, tidak ada persoalan kalau Walikota Ambon, Richard Louhenapessy melakukan kunjungan ke berbagai negara selama itu bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan daerah.

“Partai Gerindra akan mendukung sepenuhnya agenda Walikota Ambon ke luar negeri selama ada kontribusi bagi masyarakat dan daerah. Namun, kalau perjalanan tersebut hanya untuk tour semata dengan membawa sejumlah pejabat pemkot Ambon, maka partai Gerindra ada garis depan untuk melawan itu. Sebab uang daerah terkuras begitu banyak tetapi tidak ada manfaat sama sekali bagi masyarakat dan kota ini,” tegas Latupono saat dihubungi media online ambonmanise.com, Kamis (11/7) melalui telepon selulernya.

Menurut ia, perjalanan kepala daerah ke luar negeri cukup membebani kas daerah apalagi dengan membawa serta rombongan yang cukup banyak. Olehnya itu, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy harus selektif dan bisa meng-efesiensi anggaran daerah dalam kunjungan tersebut.

“Ini bukan satu negara yang dikunjungi. Informasi media cukup jelas ada beberapa negara yang akan dikunjungi GUNA menghadiri kegiatan bertaraf internasional. Pasti butuh anggaran besar apalagi bawa rombongan. Kita berharap jangan sampai ada pemborosan anggaran. Harus diefesiensi,” kata ia.

Diakui, kota Ambon harus diperkenalkan didunia luar, sehingga menarik banyak investor masuk ke kota Ambon untuk ber-investasi.

“Sebagai kota jasa, butuh dukungan investor guna membangun kota Ambon agar lebih maju dan siap bersaing dengan kota lainnya di Indonesia. Dan itu tugas walikota Ambon, Richard Louhenapessy. DPRD akan terus mengawal dan memberikan dukungan selama seluruh kegiatan tersebut membawa dampak positif bagi rakyat dan kota ini,” ujar ia.

Diakhir komentarnya, aleg dua periode ini berharap Walikota Ambon membawa ole-oleh yang menyenangkan hati masyarakat. Ole-ole yang dimasudkan Latupono berupa kontrak kerjsama dengan berbagai investor luar negeri yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

“Dari beberapa kunjungan walikota Ambon ke beberapa Negera misalkan Belanda dan Amerika, ada manfaat besar bagi kota ini. Kita harap, yang sama juga didapat melalui kunjungannya dibeberapa negara nantinya,” pungkas ia.

Untuk diketahui, Walikota Ambon (Louhenapessy-red) rencananya akan menghadiri Kegiatan Kepemimpinan Internasional antara lain, pertemuan Walikota se-Wilayah ASEAN.

Kemudian ia akan melanjutkan perjalanannya ke Moscow-Rusia untuk menghadiri kegiatan Simposium Internasional Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI). Dalam kegiatan itu, Walikota Ambon dipercayakan sebagai salah nara sumber.

Setelah dari Moscow-Rusia, Louhenapessy akan melanjutkan perjalanan dinas-nya ke Amsterdam-Belanda dalam rangka membuka Kwaku Summer Festival yang direncanakan akan berlangsung pada akhir bulan ini.

Bukan saja Walikota Ambon, Richard Louhenapessy yang akan melakukan perjalanan dinas ke beberapa negara nantinya. Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler juga akan melakukan perjalanan ke Sydney, Australia dalam rangka menindaklanjuti pertemuan Summer Bussiness.

Salah satu hal yang akan dijajaki dalam pertemuan tersebut adalah langkah konkrit untuk rencana kerjasama dan pengiriman tenaga asisten perawat yang nantinya akan dipekerjakan disana. (AM-01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: