dari katong par katong samua

Agustus – September Imunisasi Measles Rubella Dilakukan Secara Menyeluruh Di Maluku

1,476

AMBON MANISE.COM- Campak atau morbili adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi paramyxovirus. Penyakit yang juga dikenal sebagai rubeola tersebut sangat menular dan cukup sering menyerang bayi dan anak. Gejala utama campak adalah demam, kemerahan pada kulit (ruam), dan dapat disertai batuk dan pilek.

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella, salah satu upaya yang dilakukan untuk mempercepat tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye (Imunisasi massal) dan introduksi imunisasi campak /Measles Rubella (MR) yang bertujuan untuk memutus transmisi penularan Virus campak dan Rubella yang ada dimasyarakat.

Menindaklanjuti hal tersebut, dari buLan Agustus – September 2018 sudah mulai dilakukan imunisasi campak /Measles Rubella (MR) anak usia 9 bulan sampai 15 tahun, di seluruh wilayah Maluku.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meykal Pontoh, M.Kes kepada wartawan di Ambon kemarin.

Walaupun telah ditetapkan Agustus – September baru mulai dilaksanakan Imunisasi, tapi kata Pontoh ada sejumlah daerah yang sudah melaksanakan lebih duluan, terkhususnya daerah terpencil.

Daerah tersebut, yakni Kabupaten Maluku Barat Daya. kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Kata Pontoh, tidak ada dipunggut biaya dalam pemberian imuniasi atau bisa dikatakan diberikan secara gratis.

Untuk itu, dirinya berharap kepada masyarakat untuk turut berpatisipasi menyukseskan rencana pemerintah dengan memberikan imuniasi kepada anak-anak. (AM-01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: