dari katong par katong samua

Isu Ekonomi Menjadi Fokus Caleg Partai Gerindra Kota Ambon 2019

78

AMBONMANISE.COM– Christianto Laturiuw SE mengatakan, isu ekonomi menjadi fokus utama 35 caleg partai Gerindra Kota Ambon di Pileg 2019.

Salah satu isu ekonomi yang harus diperjuangkan kata Laturiuw adalah mendorong Pemerintah Kota Ambon untuk membuka sumber-sumber pendapatan baru demi peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

“Selama ini fraksi Partai Gerindra di DPRD Kota Ambon terus mendesak pemerintah Kota Ambon agar lebih inovatif dalam kerangka meningkatkan PAD demi kesejahteraan rakyat. Sebab sumber pendapatan asli daerah di kota ini hanya ada sembilan sumber dan tidak pernah ada penambahan. Padahal banyak sumber pendapatan yang bisa dikelola. Misaalkan pajak dan retribusi yang menjadi sektor unggulan kita. Itu kan banyak jenis yang bisa dikembangkan menjadi sumber pendapatan baru,” kata anggota fraksi Gerindra DPRD Kota Ambon ini.

Selain itu, dalam kebijakan politik anggaran pemkot Ambon belum sepenuhnya berpihak kepada rakyat.

“Bagaimana rakyat mau sejahtera kalau APBD yang bermuara untuk kepentingan publik hanya 30-40 persen. Jumlah pembiayaan untuk belanja pegawai lebih besar dari belanja publik. Olehnya itu, partai Gerindra senantiasa mendorong pemerintah agar lebih berinovatif dalam pengelolaan sumber pendapatan yang ada dan berusaha membuka sumber-sumber pendapatan baru demi menjawab seluruh kebutuhan rakyat di kota ini,” tandas caleg nomor urut 2 dapil Ambon IV ini.

Anggota Komisi II ini juga mendesak pemkot Ambon agar membentuk forum CSR dengan tetap membangun hubungan kemitraan dengan badan-badan usaha milik negara di kota ini sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah baik itu menyangkut pembangunan fisik maupun pemberdayaan termasuk peningkatakan sektor pendidikan dan perikanan di kota ini dapat dimanfaatkan melalui dana CSR dari pihak-pihak tersebut.

“Kita terus dorong agar forum CSR dibentuk sehingga membantu pemkot dalam menjawab kebutuhan masyarakat di kota ini,” tandas ia.

Terkait dengan kesiapan partai Gerindra dalam menghadapi pemilu 2019, baik itu pemilihan Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, Kabupate/kota, kata Laturiuw konsolidasi pemenangan Pemilu sudah sejak lama dilakukan.

Seluruh pengurus dan kader serta caleg partai Gerindra di Kota Ambon telah diinstruksikan untuk memenangkan Pasangan Presiden dan wakil Presiden RI periode 2019-2024, Prabowo-Sandi. Selain itu, kursi DPR RI dapil Maluku harus tetap dipertahankan termasuk mempertahankan jumlah kursi di DPRD Kota Ambon.

“Empat kursi DPRD Kota Ambon akan tetap kita pertahankan. Siapapun dia yang terpilih itu soal nanti. Namun apa yang target politik partai Gerindra di Kota Ambon harus diperjuangkan. Ini juga disampaikan Ketua dan Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Ambon dalam berbagai pertemuan dengan pengurus maupun 35 caleg yang bertarung di pileg 2019 nanti,” ujarnya.

Dikatakan, seluruh caleg diminta tetap mengedepankan kepentingan masyarakat dan tetap semangat kebersamaan dan persaudaraan dan kekeluargaan antara sesama anggota partai.

Untuk diketahui, pileg 2014 lalu, Partai Gerindra menempatkan empat wakilnya di DPRD kota Ambon yakni Johny Paulus Wattimena dari dapil Ambon-1 (1.229 suara), Rustam Latupono dapil Ambon-2 (1.341 suara), Astrid Yuli Soplantila dapil Ambon-3 (974 suara) dan Christianto Laturiuw dapil Ambon-4 (1.377 suara).   (AM-01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: