dari katong par katong samua

Fraksi Gerindra Minta “Pasukan Kuning” Harus Diberdayakan Dan Mendapat Jaminan Kesehatan-Ketenagakerjaan

65

AMBONMANISE.COM- Ketua Fraksi Partai Gerindra, Jhony Wattimena mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk mengikutsertakan buruh sampah atau “Pasukan Kuning” dalam jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan.

Selain itu, fraksi Gerindra juga mendorong agar pasukan kuning diberdayakan melalui Dinas Koperasi, Sosial maupun Disperindag Kota Ambon demi peningkatan taraf hidup mereka.

“Dari sisi tanggungjawab, para buruh sampah ini sudah menjalankan tugasnya secara baik. Terwujudnya Ambon bersih pada siang hari dan diberikan penghargaan Adipura tidak terlepas dari peran mereka. Sejak pagi hingga sore, mereka aktif di jalan untuk membersihkan sampah. Olehnya itu, apa yang menjadi hak-hak pasukan kuning ini, harus diperhatikan. Termasuk memberikan jaminan kesehatan dan jaminan ketenagakerjaan bagi mereka,” ujar Wattimena.

Dikatakan, pada masa reses nanti, fraksi Gerindra akan menemui langsung para buruh sampah guna mengetahui secara langsung apakah hak-hak mereka sudah sesuai atau belum. Pasukan kuning ini sudah masuk atau terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan atau Ketenagakerjaan atau belum. Data dan informasi serta aspirasi yang kita dapat dalam reses nanti, akan kita bahas dalam rapat fraksi untuk diperjuangkan,” kata Wattimena.

Ditambahkan pula, fraksi Gerindra mendorong agar komisi terkait memanggil dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan guna membicarakan hak-hak buruh sampah ini.

“Harus ada kebijakan yang pro kepada mereka. Sehingga dalam APBD Murni 2019 nanti ada anggaran daerah yang dipioritaskan bagi kesejahteraan pasukan kuning di kota ini,” pungkas ia. (AM-01).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: