dari katong par katong samua

Latupono, Anggota DPRD Kota Ambon Yang Dikenal Setia Dalam MenjalankanTugas

54

AMBONMANISE.COM- Ditengah-tengah aktivitasnya sebagai Sekretaris DPC Partai Gerindra sekaligus tim pemenang pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI, Prabowo-Sandi, Rustam Latupuno, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, tetap setia menjalankan tugas dan tangung-jawabnya sebagai wakil rakyat.

Latupono dikenal wakil rakyat yang rajin berkantor walaupun agenda partai yang begitu padat.

“Pukul 08.30 Wit, beliau pasti sudah ada di kantor. Lebih awal dari aleg yang lain. Demikiaan saat pulang, Latupono paling terakhir pulang dari semua aleg. Sebagai pewagai sekretariat DPRD Kota Ambon, kita salud kepada beliau karena aktif di kantor dan tidak pernah menolak masyarakat yang ingin menemuinya ” kata Eky salah satu pegawai dikantor DPRD Kota Ambon kepada redaksi, Senin (15/10).

Latupono tidak pernah absen dalam berbagai kegiatan di dewan baik itu Sidang Paripurna, rapat Badan Musyawarah, Badan Legislasi, dan rapat-rapat komisi dengan eksekutif bagi kepentingan rakyat.

Demikian pula berbagai aspirasi yang disampaikan warga di kantor DPRD Kota Ambon, Latupono selalu aktif menerima aspirasi mereka.

Hal ini dilakukan karena Latupono menyadari, bahwa ia adalah wakil rakyat yang diberikan tanggungjawab untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan rakyat. Latupono menyadari sungguh, DPRD bukanlah lembaga eksekusi. Itu kewenangan eksekutif, tetapi dengan tiga fungsi yang melekat pada lembaga legislatif, pengawasan, bajeting dan legislasi, maka apa yang menjadi tuntutan masyarakat akan diperjuangkan di eksekutif.

Selain aktif dalam dalam menjalankan tugasnya di DPRD, Latupono juga aktif turun di masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menjaring aspirasi masyarakat untuk disampaikan ke pemerintah setempat.

“Bukan saja saat reses, tetapi dalam kesempatan kita didatangi oleh beliau. Latupono sosok yang terbuka dan sangat merakyat. Banyak warga yang ia bantu baik pribadi maupun kelompok masyarakat di berbagai wilayah. Dia tidak berharap, bantuan yang ia berikan, warga harus memilih Latupono saat pemilihan legislatif nanti. Dia memaknai itu sebagai tanggungjawab moral kepada masyarakat,” kata Risman warga Galunggung Tanah Rata.

Latupono juga dikenal sebagai aleg DPRD Kota Ambon yang berprestasi.
Karya/Prestasi yang diraih politisi Gerindra Kota Ambon ini antara lain,
1. The Best Indonesian Leader Award 2018 oleh Forum Komunikasi Wartawan Indonesia (FKWI).
2. Apresiasi Pemimpin Pembawa Perubahan – Pemimpin Inspiratif 2018 oleh 7sky Media Awards.

Latupono mengakui, keberhasilan yang diraih selama ini tidaklah terlepas dari doa dan dukungan istri tercinta, Zulhaidah Latuconsina S.Sos dan anak semata wayang, M Irsad Latupono.

“Istri saya selalu berpesan bahwa, jabatan yang Tuhan berikan adalah amanah maka harus dijalani dengan sungguh-sungguh,” tandasnya.

Istrinya Zulhaidah Latuconsina S.Sos adalah anak ketiga dari lima bersaudara pasangan Hadi Latuconsina dan Sarapiah Latuconsina.

Tanggung jawab sebagai wakil rakyat menurut Latupono sangat besar karena yang diperjuangkan adalah amanah dan aspirasi masyarakat.

Olehnya itu, tanggungjawab sebagai wakil rakyat haruslah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh walaupun tantangan begitu besar. Sehingga masyarakat tetap percaya dan yakin atas amanat yang diberikan kepada kita.

Latupono mengaku tidak takabur menghadapi pesta politik 2019, mengingat begitu banyak kader terbaik yang siap maju bertarung memperebutkan 35 kursi di DPRD Kota Ambon. Satu-satunya keyakinan dan modal yang dimiliki dan melandasi perjuangannya yakni sumbangsih yang sudah dilakukan dan diberikan untuk warga Kota Ambon Manise.

“Intinya, lakukanlah yang terbaik untuk rakyat. Insha Allah, rakyat akan tetap memberikan kepercayaan kepada kita untuk menyuarakan jeritan hati mereka,” pungkas Latupono. (AM-01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: