dari katong par katong samua

Sampah Plastik Penuhi Pesisir Pantai Wainitu

295

AMBONMANISE.COM- Tumpukan sampah plastik mengapung dan memenuhi sepanjang pesisir pantai Wainitu tepatnya di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Namun sayangnya, tumpukan sampah plastik ini dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya dari pemerintah Kota Ambon untuk membersihkan.

Essy Rahayanan Salah satu warga yang berada di Lokasi RTH Wainitu saat diminta tanggapannya terkait tumpukan sampah plastik ini kepada redaksi Ambon Manise.Com mengatakan, perlu ada kesadaran dari masyarakat agar tidak membuang sampah di laut.

“Lingkungan ini harus tetap dijaga kebersihannya oleh masyarakat setempat. Jangan membuang sampah sembarang di laut,” ujar mahasiswa Ekonomi Unpatti ini.

Menurut ia, Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan harus tanggap dalam melihat persoalan-persoalan sampah khususnya di sepanjang pesisir Pantai Wainitu maupun Teluk Ambon.

“Kalau sampah-sampah ini tidak dibersihkan, pesisir pantai Wainitu ini menjadi kotor dan tercemar. Olehnya itu, Dinas terkait harus membersihkan sampah-sampah plastik ini,” harap ia.

Menurut ia, tumpukan sampah ini bukan saja terlihat di pesisir pantai Wainitu, namun di pantai Tantui, dan sepanjang teluk Ambon juga terlihat pemandangan yang sama.

“Ini menjadi tantangan bagi Pemkot Ambon untuk tetap menjaga pesisir pantai di Teluk Ambon tetap bersih dari sampah plastik,” ungkapnya.

Dia juga berharap, ada sangsi tegas dari pemkot Ambon bagi warga yang membuang sampah di laut. Sosialisasi terkait pentingnya menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah
di laut perlu disosialisasikan kepada warga dengan melibatkan perangkat pemerintah di tingkat yang paling rendah yaitu ketua-ketua RT/RW. (AM-01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: