dari katong par katong samua

Tuasikal, Soulissa, Betaubun, dan Hukubun Berpeluang Lolos Senayan Versi MRSBN

2,357
AMBON-MALUKU, Media Riset Strategi Bedah Nusantara (MRSBN) merilis hasil surveinya setelah dilakukan wawancara langsung dengan 1.200 resoponden yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota se Maluku. Hasilnya, untuk posisi Calon Legislatif (Caleg) DPR RI periode 2019-2024 menempatkan 4 nama caleg, yakni Abdullah Tuasikal dari Partai NasDem, Safitri Malik Soulisa dari PDI Perjuangan, Edison Betaubun dari Partai Golkar, dan Gerry Habel Hukubun dari Partai Hanura.
Survey yang menggunakan metode sampling multy stage ini dilakukan pada akhir Januari 2019 kemarin, dengan mewawancarai langsung (tatap muka) kepada 1.200 responden.  Margin of error 3,46 persen, serta tingkat kepercayaan sebanyak 95 persen, dilakukan dalam rangka mengidentifikasi presepsi  dan masyarakat umum  di daerah pemilihan, kaitan dengan pemilu serentak Pileg dan Pilpres 2019 ini. Dan survey MRSBN ini akhirnya menempatkan 4 nama caleg DPR RI yang punya peluang lolos ke senayan periode 2019-2024 nanti.
Menurut MRSBN, ada beberapa kesimpulan yang didapat setelah dilakukan survey ini. Diantaranya adalah, posisi partai politik bisa menentukan kemenangan caleg, segmentasi kesamaan jazirah dan suku sangat dominan bagi masyarakat Maluku dalam menentukan pilihan, kemudian baru disusul oleh segmentasi kesamaan agama.
Kemudian, dalam waktu yang tersisa yang 2 bulan saja maka situasi politik dapat mengalami fluktuasi yang sangat tajam. Ruang demografi politik menjadi perhatian yang serius terhadap caleg dalam berkampanye dalam waktu yang semakin sempit. Untuk itu, MRSBN berkesimpulan lanjut, sampai saat ini peluang caleg masih masih terbuka untuk meraih kemenangan di dapil. Dan disusul dengan komunikasi politik antar caleg harus tetap terjaga karena berdampak pada setimen elektabilitas partai.
ABDULLAH TUASIKAL (NASDEM)
Abdullah Tuasikal
Abdullah Tuasikal yang kini maju sebagai Caleg dari Partai NasDem, dikenal sebagai Bupati Maluku Tengah selama 2 periode, sebelum digantikan oleh kakak kandungnya sendiri, Abua Tuasikal yang juga sementara menjabat Bupati Maluku Tengah periode kedua. Tuasikal juga pernah menjabat sebagai ketua DPD Partai Golkar Maluku, istrinya Miranty Dewaningsih Tuasikal juga pernah menjadi Anggota DPR RI periode 2009-2014 dari PKB, disusul berikutnya pada periode 2014-2019 ini anak kandung Tuasikal yakni Amry Tuasikal juga lolos ke senayan dari partai Gerindra, walau harus di PAW di unjung periodesasinya.
SAFITRI MALIK SOULISSA (PDI PERJUANGAN)
Safitri Malik Soulissa
Sementara Safitri Malik Soulissa, adalah politisi PDI Perjuangan yang sekarang adalah anggota DPRD Provinsi Maluku periode 2014-2019. Istri Bupati Buru Selatan 2 periode ini juga menunjukan progres yang mengejutkan, setelah maju sebagai caleg DPR RI di pemilu 2019 ini. MRSBN bahkan menempatkan Soulissa di posisi kedua caleg yang berpeluang lolos ke senayan pada pemilu 2019 ini, menggeser Mercy Barends yang merupakan incumbent.
EDISON BETAUBUN (GOLKAR)
Edison Betaubun
Nama Edison Betaubun, kader partai Golkar ini juga masih mendapat posisi hoki dari hasil survey MRSBN. Betaubun menempati kursi ketiga, caleg DPR RI yang punya peluang lolos nanti. Dengan segudang pengalaman di dunia politik, tentu saja Betaubun akan tetap harus bersaing keras dengan sejumlah caleg internal partai Golkar untuk meraih suara sebanyak mungkin nanti.
 GERRY HABEL HUKUBUN (HANURA)
Gerry Habel Hukubun
Salah satu nama baru juga yang masuk dalam peluang hasil survey MRSBN, yakni Gerry Habel Hukubun, SE dari Partai Hanura juga menunjukan trend positif di lapangan. Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Maluku Tenggara ini adalah caleg milenial yang pernah mengukir sejarah di panggung politik Maluku, yakni dengan menjadi Wakil Ketua DPRD termuda. Maka pantas, jika MRSBN menempatkan Hukubun sebagai 1 dari 4 caleg yang sangat berpeluang lolos ke senayan nanti. (AM-07)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: