dari katong par katong samua

BPJS keluhkan penyebaran tenaga kesehatan yang belum merata

971

AMBONMANISE.COM- Kepala Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ambon, Afliana Latumakulitas, mengeluhkan penyebaran tenaga kesehatan di Maluku yang belum merata.

“Dalam rapat dengan pemprov Maluku tadi, saya sampaikan dari sisi kualitas pelayanan belum merata baik, dari sisi sumber daya manusia maupun sarana-prasarana,”ujar Alfiana kepada awak media di kantor Gubernur, rabu (18/09).

Dirinya mencotohkan, dari 205 puskesmas yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Maluku, baru 160 puskesmas yang ditempatkan dokter gigi, begitu juga, 30 puskesmas yanv belum ditempatkan dokter umum,”tuturnya.

Menurutnya, kekurangan sarana prasanata maupun SDM sangat berpengaruh terhadap layanan BPJS.

Karena itu, lewat rapat koordinasi, dirinya berharap hal ini dapat menjadi perhatian bagi pemda.

Menindaklanjuti hal ini, Penjabat Sekda Maluku, Kasrul Selang, juga mengakui hal tersebut. Dimana RS maupun pusksesmas, harus memenuhi empat persyaratan yaitu harus terdapat Dokter ahli anak, Dokter bedah, Dokter kandungan, dan Dokter dalam

“Kalau tidak ada maka akan berpengaruh terhadap pelayanan BPJS,”ucapnya.

Untuk itu, kedepan pihaknya akan mengevaluasi semua pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas maupun RS.

“Intinya pelayana kesehatan tetap menjadi prioritas, dalam memenuhi ketersediaan sarana prasarana maupun tenaga kesehatan, terutama di daerah terpencil, tertinggal dan terdepan,”tandasnya. (AM-04)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: