dari katong par katong samua

Sekdes Naku Menghilang, Tinggalkan Persoalan DD

85

AMBON Tribun-Maluku.com- Sejumlah persoalan terkait pengelolaan Dana Desa (DD) di Desa Naku, Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel) Kota Ambon, hingga kini masih menjadi pertanyaan masyarakat setempat. Pasalnya, Sekretaris Desa Naku Jacobis Pesiwarissa sebagai koordinator pemanfaatan Dana Desa Naku, tidak diketahui keberadaannya alias menghilang.

Persoalan menyangkut pengelolaan Dana Desa Naku harus dipertanggungjawabkan oleh Jacobis Pesiwarissa Sekretaris Desa Naku, karena dia sebagai koordinator pengelolaan DD di Desa Naku,”kata salah satu warga Naku di Ambon Senin (4/9/2017), yang meminta namanya tidak dipublikasikan.

Saat ini pengelolaan Dana Desa di Desa Naku menimbulkan banyak persoalan serta pertanyaan oleh masyarakat, sementara Sekdes Naku hingga kini tidak diketahui keberadaannya, bahkan saat dihubungi melalui telepon selulernya sudah tidak aktif.

“Ada banyak masalah dalam pengelolaan Dana Desa di Naku baik penggunaannya untuk pekerjaan fisik (infrastruktur) di lapangan maupun pemberdayaan masyarakat desa,”beber sumber.

Sementara itu, Sekretaris Bagian Pemerintahaan Kota Ambon Alfian Lewenussa yang dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, penarikan Jacobis Pesiwarissa dari jabatan Sekretaris Desa oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Ambon, bukan hanya untuk Desa Naku melainkan seluruh Sekretaris Desa di Pemkot Ambon, dalam rangka mutasi jabatan.

Penarikan jabatan Sekretaris Desa di wilayah Kota Ambon adalah untuk penyegaran atau mutasi bukan karena hal lain.

“Untuk itu, bagi Sekretaris Desa yang belum menyelesaikan persoalan di desa harus menyelesaikan terlebih dahulu baru bisa dimutasikan,”kata Lewenussa.

Camat Leitimur Selatan Ricki Sopacua saat dikonfirmasi juga membenarkan bahwa, Sekretaris Desa Naku Jacobis Pesiwarissa sudah ditarik dari jabatannya dan masuk ke BKD Kota Ambon.(TM05)

Comments are closed.

%d bloggers like this: