dari katong par katong samua

DPRD Kota Ambon Dukung Langkah Pemkot Untuk Perbaiki Kerusakan Jalan Di Desa Kilang

"Ada Dana Tak Terduga Sekitar 2 Miliar, Pemkot Bisa Pakai Untuk Perbaikan Kerusakan Infrastruktur Jalan Akibat Bencana," Kordinator Komisi III DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono Spi.

132

AMBON-MALUKU. Anggaran Tak Terduga yang diperkirakan mencapai 2 milair rupiah lebih di kas Pemerintah Kota Ambon dapat digunakan untuk lakukan perbaikan terhadap kerusakan infrastruktur jalan akibat bencana alam di Desa Kilang kecamatan Leitimur Selatan.

“Saya kira perbaikian jalan tersebut dapat menggunakan dana tak terduga yang ada kas pemkot sekitar 2 milair lebih. Ini penting sehingga warga di Desa Kilang kecamatan Leitimur Selatan tidak terisolasi akibat bencana alam ini,” ungkap Kordinator Komisi III DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono Spi Kepada media Ambon Manise melalui telepon selulernya, Kamis (24/5).

Menurut politisi partai Gerindra ini perbaikan jalan di Desa Kilang akibat bencana Sabtu (19/5) adalah langkah yang tepat. Komisi III DPRD Kota Ambon sangat mendukung itu.

“Tidak masalah kalau dana tak terduga ini dipakai untuk perbaikan kerusakan infrastruktur jalan di Desa Kilang. Nanti saat pertanggungjawabannya baru DPRD Kota Ambon melihat apakah sesuai dengan peruntuhkan atau tidak,” kata ia.

Namun dengan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk dilakukan perbaikan jalan secara utuh, maka dirinya meminta agar dicari alternatif lain misalkan dibangun jembatan darurat.

“Prinsipnya, jangan akibat bencana ini, lalu aktifitas masyarakat terganggu. Sebab jalur itu merupakan penghubungan antar desa dan akses menuju pusat kota. Kalau tidak segera diperbaiki, maka berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat,” kata ia.

Latupono juga menghimbau agar masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan atau lereng-lereng gunung, maupun di bantaran kali (sungai) agar lebih waspada terhadap bahaya bencana tanah longsor dan banjir.

“Saya himbau warga yang rumahnya berada di lokasi rawan bencana, misalkan di batu merah, batu gajah, dan beberapa lokas lainnya agar tetap waspada sebab kondisi cuaca saat ini sangat berpotensi terjadinya bencana lama baik tanah longsor maupun banjir,” ungkap ia.

Wakil ketua DPRD Kota Ambon ini juga meminta Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon agar intens melakukan pengawasan di lapangan khususnya di daerah yang rawan bencana untuk meminimalisir terjadi korban jiwa dan material.

“Saya harap, kalau ada rumah warga yang rawan bencana agar segera dilakukan tanggap darurat. berikan bantuan dan kemudahan bagi mereka,’ harap ia. (AM-01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: