dari katong par katong samua

Inilah Empat Legislator DPRD Kota Ambon Yang Bertahan Tiga Periode

772

AMBONMANISE.COM- Bertahan lama dalam karir politik sebagai Anggota DPRD bukanlah hal yang mudah.

Karena harus melalui berbagai rintangan, intrik dan manuver politik baik internal maupun eksternal partai.

Tidak sedikit dari mereka yang berhasil lolos dalam konstelasi politik itu. Hanya mereka yang tangguh saja yang mampu melewati derasnya arus politik dalam beberapa Pemilu.

Pemilihan Legislatif 2019, sedikitnya ada empat (4) politisi yang bertahan di DPRD Kota Ambon selama tiga periode.

Politisi yang akan memasuki tiga periode sebagai anggota DPRD Kota Ambon berasal dari PDI Perjuangan yaitu James Maatita dan Jafry Taihutu. Partai Gerindra, Rustam Latupono dan Partai Demokrat, Obet Soissa.

Keempat politisi ini akan menjadi sesepuh bagi 31 anggota DPRD Kota Ambon periosesasi 2019-2024.

Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam LatuponoLatupono saat diwawancarai redaksi Ambon Manise. COM diruang kerjanya Senin (27/5) mengatakan, sebenarnya ada dua tanggungjawab besar yang menjadi pergumulan politisi ketika dipercayakan sebagai wakil rakyat. Pertama, mengawal seluruh aspirasi yang disampaikan masyarakat dan kedua menjaga hubungan atau interaksi dengan masyarakat sehingga tali silahturami antara politisi dengan masyarakat terus terpelihara.

Rustam Latupono – Wakil Ketua DPRD Kota Ambon

“Jangan mau Pemilu baru temui rakyat atau konstituen. Itu salah besar. Ada banyak persoalan di masyarakat yang harus kita perjuangankan. Olehnya itu, wajib kita temui mereka dalam setiap kesempatan. Sehingga masyarakat atau konstituen merasa dekat dengan kita. Siapa yang jauh dengan, maka dia akan juga ditinggalkan dan dilupakan masyarakat,” ujar Latupono yang juga sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Ambon.

Ditempat terpisah, politisi PDI Perjuangan, Jafry Taihuttu mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kepercayaan masyarakat kepada dirinya untuk ketiga kalinya sebagai anggota DPRD Kota Ambon.

“Kita bisa terpilih kembali sebagai anggota DPRD untuk ketiga kalinya, semua itu karena rakyat. Olehnya itu, tanggungjawab kita adalah memperjuangkan kepentingan rakyat,” ujar kader GMKI cabang Ambon ini.

Sementara itu politisi yang berhasil lolos kedua kalinya yaitu, Gerald Mailoa dari PDI Perjuangan dan Lucky Leonard Upulatu Nikjuluw. Politisi partai Golkar, Ely Toisuta, Etha Siahay dan Zeth Formes. Politisi Partai Gerindra, Jhony Watimena, Cristianto Laturiuw, dan Astrid Soplantilla. Politisi partai NasDem, Mouris Tamaela, Jhoni Mainake dan Cristian Latumahina. Politisi asal PKPI, Juliana Pattipelohy dan Jacob Usmani. Politisi PKS, Yusuf Wally dan Saidna Bin Tahir. Politisi PKB, Ari Sahertian dan Politisi Partai PPP, Taha Abubakar.

Sedangkan Asmin Matdoan dari PKB hanya menikmati satu periode. Sama halnya dengan politisi partai Hanura, Marthin Sapulette dan dua anggota PAW, Rasyid Mewar dari PBB dan Suyono dari Partai Hanura.

Politisi PDI Perjuangan, Leonora far-far hanya bertahan selama dua periode. Sama halnya juga Ali Ohorella dari PAN dan Ahmad Ohorella dari Partai Hanura.

Dua politisi, Rovik Akbar Afiffudin dari PPP dan Jusuf Latumeten memilih bertarung sebagai anggota DPRD Maluku dapil Kota Ambon. Namun yang berhasil lolos sebagai anggota DPRD Maluku periode 2019-2024 yaitu Rovik Akbar Afifuddin.

Sementara Latumeten tidak berhasil lolos dan menutup karir politiknya sebagai anggota DPRD Kota Ambon dua periode. (AM-01).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: