dari katong par katong samua

Wagub membuka Expo SMA Kewirausahaan sekaligus peluncuran Drum Band SMA Kristen YPKPM Ambon

51

AMBONMANISE.COM – Wakil Gubernur, Barnabas Orno, mengharapkan Expo SMA Kewirausahaan yang diselenggarakan SMA Kristen YPKPM Ambon, dapat menumbuhkan jiwa wirausaha siswa.

“Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, saya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMA Kristen YPKPM Ambon Dra. E. Laturiuw beserta jajaran yang telah menyelenggarakan Expo Kewirausahaan sebagai upaya menumbuhkan jiwa wirausaha kepada siswa-siswi,” ujar Wagub saat membuka Expo SMA Kewirausahaan sekaligus peluncuran Drum Band SMA Kristen YPKPM Ambon, Selasa (8/10).

Expo SMA Kewirusahaan menampilkan 25 stan produk bernuansa kearifan lokal produk berbahan baku sagu dan lain sebagainya, juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, Saleh Thio dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Meggy Samson.

Wagub mengatakan, sekolah merupakan lembaga pendidikan formal dimana proses belajar mengajar serta transfer ilmu pengetahuan berlangsung, melalui pengembangan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa didik.

Sebagai sarana pendidikan formal, sekolah tidak hanya melaksanakan kegiatan intrakurikuler, tetapi juga ekstrakurikuler yang dilaksanakan secara bersamaan, dengan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan kemampuan individu.

Mantan Bupati MBD dua periode ini memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran SMA Kristen YPKPM Ambon yang selama ini telah melaksanakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui kegiatan pendidikan sesuai kurikulum yang ditetapkan serta mampu menghasilkan generasi muda Maluku berkualitas.

“Hal ini dapat kita buktikan dengan keberhasilan yang diperoleh oleh para alumnus SMA Kristen YPKPM Ambon yang telah meniti karier dan sukses pada berbagai jenjang pekerjaan. Hal ini tentunya akan menjadi motivasi bagi para siswa-siswi yang sedang mengikuti pendidikan pada SMA Kristen YPKPM Ambon,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, kewirausahaan merupakan strategi baru pembangunan ekonomi dalam mengembangkan kesempatan berusaha serta penciptaan lapangan kerja. Semangat kewirausahaan perlu ditanamkan secara dini kepada masyarakat Indonesia, sehingga semakin proaktif, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan sumber daya menjadi kegiatan ekonomi produtif yang bernilai ekonomis tinggi.

“Kegiatan praktek kewirausahaan melalui Expo kewirausahaan yang dilaksanakan jajaran SMA Kristen YPKPM Ambon ini merupakan momentum strategis untuk membangun jiwa kewirausahaan para siswa agar berani berpikir kreatif dan inovatif, bekerja dengan efektif dan efisien, serta mampu memanfaatkan peluang berusaha yang ada,” ujarnya.

Menurutnya, semangat kewirausahaan ini perlu ditanamkan sejak dini mengingat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi tidak dimiliki oleh semua siswa.

Melalui jiwa kewirausahaan tentunya akan membangun kesadaran masyarakat untuk berusaha memanfaatkan sumber daya dalam menciptakan nilai tambah yang berdampak menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran.

Selain kegiatan Expo kewirausahaan juga dilaksanakan peluncuran Drum Band SMA Kristen YPKPM Ambon yang merupakan kegiatan ekstra kurikuler yang sangat diminati para siswa.

Banyak manfaat positif yang bisa diperoleh melalui kegiatan drum band, karena memiliki manfaat dalam membantu para anggotanya berkembang menjadi lebih baik, secara pribadi maupun sebagai makhluk sosial.

“Latihan kedisiplinan, kerja sama tim serta nilai-nilai positif lainnya dapat dikembangkan menjadi wahana pembinaan generasi muda ke depan,” tandas Wagub. (AM-03)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: