dari katong par katong samua

Pontoh : RSUD Ishak Umarella tidak direlokasi namun direhab

22

AMBONMANISE.COM- Gempa 6.5 Magnitudo yang menguncang Maluku, terkhususnya di tiga daerah terdampak, Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), membuat sejumlah rumah warga maupun infrastruktur pelayanan public menjadi rusak.

Salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ishak Umarella di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah yang menyebabkan pelayanan kesehatan untuk sementara dialihkan ke RS darurat di halaman Universitas Darrusalam.

Dalam kunjungannya pada 16 Oktober 2019, Mantan Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F. Moeloek, mengatakan dengan melihat kondisi, maka RS berplat merah tersebut akan dipindahkan ke lokasi yang aman dan nyaman.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dr. Meykal Pontoh menegaskan, RSUD Ishak Umarella tidak akan direlokasi hanya direhab.

“Karena kesulitan tanah maka solusi satu-satuinya yaitu rehab, sehingga tidak perlu dibangun baru,”ujar Pontoh kepada wartawan di kantor Gubernur, kemarin.

Dikatakan, rehab RSUD dr. Ishak Umarella dibiayai dengan dana rekon dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, yang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

Ditanya mengenai anggaran, Mantan Direktur RSUD. dr. Ishak Umarella ini tidak mengetahui berapa besar biaya yang dingunakan untuk rehab.

“Untuk anggaran saya tidak tahu, karena yang menghitung kan mereka,”ucapnya. (AM-03)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: