dari katong par katong samua

BNPB Pusat Kembali Salurkan Bantuan 104 Miliar, Wagub Harap Tidak Ada Lagi Masyarakat Tinggal Di Tenda Pengungsian

69

AMBONMANISE.COM- Dalam rangka penanganan bencana gempa bumi di Maluku 26 November 2019 lalu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali menyalurkan bantuan kepada Provinsi Maluku dan tiga kabupaten/kota yang terdampak bencana, yaitu Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan TNI/Polri, dengan total Rp104.654.447.000.

Bantuan yang diserahkan langsung oleh Kepala BNPB, Doni Monardo kepada penerima bantuan, disela-sela peresmian sistem peringatan dini tsunami di pelabuhan perikanan di dusun Eri, Kecamatan Nusaniwe Ambon, Rabu (11/12).

Bantuan yang disalurkan berupa Dana Siap Pakai (DSP) kepada provinsi Maluku Rp1 miliar, Kota Ambon Rp1,5 miliar, Maluku Tengah Rp1,5 miliar, SBB Rp1,5 miliar, TNI/Polri Rp2,5 miliar.

Dana Tunggu harian (DTH), Kota Ambon Rp918 juta, Maluku Tengah 6,3 miliar, SBB Rp900 Juta. Cash for Work (CFW), Kota Ambon Rp407 juta, Maluku Tengah Rp2,2 miliar, SBB Rp375 juta.

Dana stimulan perbaikan rumah tahap 1, Ambon Rp15,3 miliar, Maluku Tengah Rp52,6 miliar, SBB Rp15 miliar. serta [endampingan tiga Wilayah diberikan kepada provinsi sebesar Rp2,4 miliar.

“Untuk dana stimulan perbaikan rumah baru diberikan tahap I, akan ada kucuran bantuan tahap selanjutnya,”kata Doni.

Wakil Gubernur, Barnabas Orno yang turut menyaksikan penyerahan bantuan ini mengintrusikan kepada pihak penerima dalam hal ini Pemerintah Kota Ambon, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dan SBB dapat menyalurkan bantuan ini kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Seterimanya bantuan ini, dirinya berharap tidak ada lagi masyarakat yang tingggal di tenda-tenda pengungsian, gunakanlah dana tunggu hunian untuk menyewa rumah layak huni sambil menunggu pembangunan hunian tetap.

Apalagi, menurutnya bagi masyarakat terdampak yang akan merayakan hari raya Natal 25 Desember 2019.

“Semoga dengan bantuan ini seluruh keluarga dapat merayakan natal dengan sukacita,”pungkasnya. (AM-03)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: