dari katong par katong samua

HUT TNI ke-72, Pameran Alutsista Digelar di Lapangan Merdeka

463

Ambon, Tribun-Maluku.com : Jajaran TNI di Kota Ambon meliputi Kodam XVI/Pattimura, Lanal IX Ambon juga Lanud Pattimura, menggelar Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) dalam Rangka HUT Ke-72 TNI, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon.

Pameran berlangsung selama dua hari di mulai hari ini tanggal 4 Oktober 2017 dan akan berakhir pada hari Kamis, tanggal 5 Oktober 2017.

Pameran Alutsista Kodam XVI/Pattimura yang kita gelar di Lapangan Merdeka ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat Maluku tentang Persenjataan yang dimiliki oleh Kodam XVI/Pattimura, sekaligus sebagai pertanggungjawaban kepada Rakyat dan sebagai sarana untuk meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Adapun jenis-jenis Alutsista yang akan dipamerkan antara lain : 2 Unit Sea Raider, 1 Unit Mobil PJD-SMB, 1 Unit Anoa, Alakpsus Raider, 1 Unit Ranpur Tarantula, 1 Unit Mobil Jihandak, Drone, Alkes, Ranpur Ferret, Saracen yang merupakan Ranpur lama yang masih kita gunakan hingga saat ini, KMC, Ransus 733/R, LCR, SPM POM, SPM 733/R dan lain-lain.

Selain Alutsista dan Alkapmatsus, pada pameran kali ini juga ditampilkan program Emas Biru dan Emas Hijau Satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura sebagai program unggulan.

Emas Biru merupakan sebutan program untuk mengelola potensi kekayaan alam Maluku di sektor Kelautan seperti budidaya ikan, lobster, kepiting dan rumput laut sedangkan Emas Hijau merupakan sebutan program untuk mengelola di sektor Perkebunan, Kehutanan dan Pertanian seperti budidaya tanaman rempah, pohon keras dan buah-buahan serta hortikultura.

Setelah melihat dari dekat program Emas Biru dan Emas Hijau serta berbagai jenis Alutsista yang dimiliki Kodam XVI/Pattimura diharapkan akan menambah wawasan dan semakin terbukanya akses informasi dalam mengenal perkembangan Alutsista maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan Kodam XVI/Pattimura saat ini.

Selain Pameran Alutsista, Kodam XVI/Pattimura juga akan menyerahkan sampah plastik seberat 7,5 ton kepada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku sebagai tindak lanjut dari perintah Menko Kemaritiman pada saat pembukaan Tour de Molvcass beberapa waktu yang lalu.

Hal ini penting karena plastik merupakan penyumbang sampah terbesar di Indonesia termasuk juga di Maluku dan kita ketahui bersama bahwa sampah plastik sulit dihancurkan secara alami dan akan merusak lingkungan alam. Oleh karenanya sampah plastik yang kita serahkan ini akan diolah sebagai bahan campuran aspal untuk bahan baku pembuatan infrastruktur jalan.

“Saya berharap kegiatan kita ini menjadi contoh dan pelopor bagi masyarakat untuk bahu membahu dan dengan kesadaran yang tinggi peduli untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat dan yang terpenting dapat menumbuhkan kesadaran untuk perang terhadap sampah”, Ujar Pangdam.

Sementara itu Lantamal IX juga memamerkan Sea Rider, Jet Sky Seaadoo Gts 130, Jip Lapis Baja Infanteri Marinir yang dimiliki Yonmarhanlan IX, pistol dan senapan laras panjang dengan berbagai jenis, senapan mesin serba guna, peralatan selam, seragam kedinasan maupun pakaian tempur pasukan elit TNI AL, miniatur rudal dan ranjau laut serta banyak lagi yang lainnya.

Di stand pameran Lantamal IX, setiap pengunjung dijelaskan nama maupun kegunaan dari berbagai jenis Alutsista TNI AL yang dipamerkan, oleh personel Lantamal IX dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan IX (Yonmarhanlan IX) yang tergabung dalam Tim EFQR-9 (Eastern Fleet Quick Respone – 9)

Antusias warga Kota Ambon sangat besar pada kegiatan pameran itu sehingga memadati stand – stand pameran. Kesempatan yang langka tersebut dimanfaatkan oleh para warga untuk mengetahui Alutsista yang dimiliki jajaran TNI khususnya di wilayah Ambon dan tak sedikit para warga yang datang berselfie dengan latar Alutsista untuk mengabadikan momen itu dengan menggunakan kamera smartphone.

Ongen salah satu pengunjung di stand Lantamal IX, mengaku senang dengan digelarnya pemeran ini karena dapat melihat dan bahkan memegang langsung Alutsista TNI yang dipamerkan. “Sangat senang sekali, selama ini hanya bisa melihat saja. Tapi sekarang saya bisa memegang langsung”. Kata Ongen yang saat itu berfoto dengan memegang senapan jenis SS1. (p16/dispenlaix)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: