dari katong par katong samua

Wattimena : Alumni Punya Posisi Tawar Yang Unik

24
Michael Wattimena

AMBON Tribun-Maluku.com- Peranan alumni dalam memajukan kualitas pendidikan merupakan aset penting bagi pengembangan sekolah, karena alumni memiliki posisi tawar yang unik dan strategis.

Meskipun mereka (alumni-Red) tidak lagi aktif dalam proses pendidikan di sekolah, namun pengalaman, ikatan bathin serta rasa memiliki terhadap almamater, dapat menawarkan berbagai konsep pemikiran serta kritik membangun,”kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Michael Wattimena di Ambon, Senin (16/10/2017).

Michael Wattimena merupaan alumni SMA Kristen YPKPM Ambon angkatan 88, sempat menempatkan waktu untuk hadir pada acara syukuran HUT ke 60 sekolah tersebut pada Sabtu 14 Oktober 2017 di Ambon.

Menurutnya, kebijakan Pemerintah terkait dengan pendidikan nasional ada perbedaan yang cukup signifikan antara sekolah negeri dengan sekolah swasta. Kalau sekolah negeri semua pembiayaan menjadi tanggung jawab dana APBN dan APBD.

Sedangkan untuk sekolah swasta, seringkali membutuhkan dukungan dari orang tua murid, senior dan alumni, sebagai out put dari lembaga pendidikan tersebut.

“Pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab dari dinas pendidikan namun ada juga dari luar, sehingga ini menjadi tanggung jawab moral dari alumni untuk mambangun SMA Kristen YPKPM Ambon,”pintanya.

Dikatakan, SMA Kristen YPKPM Ambon masuk dalam tipe A. Kalau akreditasi A perlakuannya harus berbeda dari sekolah swasta yang berakreditasi B dan C, agar sekolah tersebut bisa bersaing dengan sekolah swasta lain di daerah ini.

Untuk itu Wattimena mengharapkan kepada Pemerintah Pusat maupun daerah, untuk memberikan perlakuan khusus terhadap sekolah swasta yang telah memiliki akreditasi A.(TM) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: