dari katong par katong samua

NANULAITTA SEMAKIN SIAP MENUJU PILEG 2019

3,407

 

AMBON-MALUKU. Walau masih 1 tahun lagi, namun persipan semua Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 sudah menyiapkan dengan matang segala instrumen partai sampai di tingkat paling bawah untuk menggalakan sosialisasi demi meraih jumlah dukungan dan kursi di parlamen pada 14 April 2019 mendatang. Selain penguatan struktur partai, penjaringan bakal calon legistalif baik untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota sudah dan bakal ada parpol yang bahkan telah selesai proses penjaringan.
Kali ini kita coba melirik kekuatan beberapa nama baru yang sudah resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPRD Provinsi Maluku dari Dapil Kota Ambon. Satu diantaranya adalah nama S.P. Nanulaitta dari Partai NasDem. Nama Nanulaitta ini digadang-gadang bakal menjadi “mimpi buruk” bagi para incumbent anggota DPRD Provinsi Maluku periode 2014-2019 dari Dapil Kota Ambon. Memang Nanulaitta sendiri adalah orang baru di panggung politik Maluku, namun kehadiran sosok ini langsung melejit ketika mengambil keputusan bergabung dengan Parpol, apalagi Nanulaitta sudah resmi mendaftar sebagai bakal calon legislatif di parpol yang dipimpin oleh tokoh dan politisi besar Surya Paloh.

MANTAN BIROKRAT YANG “LOW PROFILE”
Hampir semua warga kota Ambon pasti mengenal Ongky Nanulaitta (panggilan akrab S.P. Nanulaitta), bahkan bukan saja di kota Ambon, namanya juga sangat membumi di seantero Maluku. Mantan pejabat teras di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku ini memiliki buah karya yang dirasakan oleh seluruh rakyat Maluku selama dirinya masih aktif sebagai PNS.
Lulusan Teknik Sipil salah satu Universitas di Makassar pernah dipercayakan sejumlah jabatan strategis selama bertugas di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Maluku. Mulai dari Kepada Sub Dinas Pengairan PU Maluku, Kepada Dinas PU Maluku Tenggara, hingga terakhir pension sebagai kepada Dinas PU Kabupaten Kepulauan Aru.
Berbagai hasil karya Nanulaitta masih dinikmati oleh masyarakat Maluku, sebut saja pembukaan jalan lintas seram hingga ke Taniwel adalah buat tangannya. Sementara hampir sebagian besar insfrakstruktur pembangunan di Kepulauan Aru sejak dimekarkan dari kabupaten Maluku Tenggara juga buah karya Nanulaitta. Gedung DPRD Kabupaten Aru yang dikenal dengan sebutan “Senayan Mini”, Gedung Kantor Bupati dan masih banyak lagi adalah beberapa karya besar Nanulaitta.
Suami dari Retty Nanulaiita ini juga dikenal sangat bersahaja, tak murah senyum dan bersahaja. Dari pengakuan sejumlah tetangga dekatnya di komplek Perumahan PU Gudang Arang Ambon, Nanulaitta bersama istri dan ketiga anaknya adalah tipe keluarga yang selalu menjadi panutan bagi semua keluarga sekitar. Bahkan kolega dan sahabat-sahabat Nanulaitta pun berpendapat yang sama tentang Ayah dari Ain, Ranny, dan Randy Nanulaitta ini.
Kakak kandung dari Brury Nanulaitta, Kepada Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Ambon ini setelah pension akhirnya memutuskan bergabung dengan Partai NasDem. Pada satu kesempatan ketika ditanya apa yang menjadi alasannya untuk masuk ke dunia politi, Nanulaitta ingin mendedikasikan semua pengalaman dan kelimuannnya bagi banyak orang. Dan salah satu saran yang dirasakan cukup tepat adalah dengan bergabung dengan Parpol.
“Terkadang banyak orang menganggap bergabung dengan Parpol saat sudah pensiun adalah sekedar untuk mengisi waktu saja. Bagi saya justru pendapat itu salah, karena niat dan keinginan saya bergabung dengan Parpol khususnya Partai NasDem dikarenakan Visi dan Misi Partai NasDem sangat saya sukai dan cocok bagi saya, yakni berdiri sebagai Agen Restorasi atau Perubahan. Dan talenta serta pengalaman yang saya miliki ingin saya dedikasikan kepada banyak orang bersama Partai NasDem untuk merestorasi pembanguan dan infrakstruktur demi kesejahteraan masyarakat Maluku,” jelasnya.

TAK GENTAR MASUK “DAPIL NERAKA”
Walau Dapil Kota Ambon adalah dapil Neraka, namunPembina Kerukunan Keluarga Besar Booi, Aboru, Hualoy dan Kariuw (BAHK) ini tak gentar sedikitpun dan kini sudah matangkan niatnya maju sebagai calon legislatif DPRD Provinsi Maluku dari Dapil Kota Ambon. Sejumlah persiapan sudah dilakukan, mulai dari mendapat restu dari istri, anak-anak dan keluarga besar, dan juga sahabat-sahabatnya.
“Yang paling utama adalah saya sudah menggumulinya kepada Tuhan yang saya yakini, kemudian istri dan anak menantu serta keluarga besar saya semuanya mendukung niat saya maju sebagai calon anggota legislatif. Dan tidak kalah pentingnya saya sangat bersyukur karena keluarga besar Partai NasDem Maluku menerima kehadiran saya dengan tangan terbuka untuk bersama-sama terlibat untuk merestorasi Maluku menjadi lebih baik,” ungkapnya.
Ditanya soal mentalnya bertarung berhadapan dengan politisi-politisi besar yang sudah punya nama di dapil Kota Ambon, dengan santai Nanulaitta menepisnya sambil senyum saja. Menurutnya, jika ada ketakutan dalam diri seorang politisi, maka tentunya semua dapil akan menjadi dapil neraka baginya.
“Kalau kita takut dan tidak siap, bukan saja dapil Kota Ambon, tapi tentunya semua dapil akan menjadi dapil neraka bagi kita. Jadi saya tidak pernah menganggap dapil Kota Ambon perlu ditakuti,” jawabnya sederhana sambil menutup komentarnya. (AM-01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: