dari katong par katong samua

Lebih Dekat Dengan Rustam Latupono, Politisi Partai Gerindra

279

AMBONMANISE.COM- USAI nenamatkan pendidikan sarjana di Fakultas Perikanan Universitas Pattimura tahun 2001, Rustam Latupono memulai kariernya di Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Prancis ACF untuk penanganan pengungsi korban konflik kemanusian tahun 1999 di Maluku (2001-2003). Tahun 2004-2005 ia juga bergabung dengan LSM Amerika untuk penanganan kesehatan.

Berbekal pengalaman yang diperoleh selama menjadi pekerja sosial, dirinya kemudian mencoba peruntungannya di dunia politik kota Ambon. Saat itu, ia memilih bergabung dengan Partai Demokrat tahun 2006. Pria kelahiran Ambon 8 Agustus 1974 ini dipercayakan sebagai Wakil Ketua II Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Ambon.

Namun keberadaannya di partai berlambang Mercy itu tidak bertahan lama karena pada Febuari 2008, dirinya memilih hengkang ke partai Gerindra bentukan Prabowo Subiyanto kala itu. Ia pun diberi kepercayaan di partai baru tersebut dengan jabatan Sekretaris DPC Gerindra Kota Ambon. Rustam pun berburu kerja bersama sesama anggota dan pengurus partai untuk mempersiapkan verifikasi menghadapi Pemilihan Umum tahun 2009.

Alasannya “lompat pagar” ke Gerindra hanya karena dilatari manifesto perjuangan partai yang mempunyai visi dan misi besar untuk membangun bangsa dan Negara. “Saat itu beta menyakini Gerindra akan menjadi partai besar di Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan cita-cita perjuangannya.

Atas kerja keras seluruh pengurus dan kader, Pemilu 2019 partai Gerindra berhasil memperoleh posisi ketiga. Di Kota Ambon Gerindra mampu menyumbang dua (2) kursi DPRD. Sebuah prestasi yang bisa dibilang prestisius bagi partai yang baru seumur jagung itu.

Dua kader terbaiknya pun memilih bergabung dengan partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kedaulatan dengan membentuk fraksi Gerindra Amanat Kedaulatan (GAK) dan Rustam Latupono dipercayakan sebagai Ketua Fraksinya.

“Insha Allah, pemilu legisltaif 2019, partai Gerindra menjadi pemenang nantinya,” Ujar Latupono.

Dilahirkan sebagai anak ke empat dari lima bersaudara dari pasangan alharhum M Saleh Latupono dan Azza Tuasikal. Ayahandanya bekerja sebagai seorang pedagang cengkih, sedangkan sang ibu seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Kantor Agama Kota Ambon.

Kerja keras dan didikan kedua orang tuanya, mampu menjadikan keempat anaknya menjadi sarjana.

Ibunya meninggal dunia saat Latupono masih aktif menjadi seorang pengusaha muda. Keberhasilannya dirinya menjadi wakil rakyat tahun 2009, tentu tidak terlepas dari dukungan, kerja keras serta doa ayahnya. Namun baru dua tahun Rustam menikmati hari-harinya sebagai wakil rakyat, ia harus merelakan sang ayah tercinta yang dipanggil pulang menghadap Sang penciptanya di tahun 2011.

Meski merasa kehilangan karena belum cukup membahagiakan ayahandanya, tetapi tidak mematahkan semangat Latupono membangun karier politiknya. Buktinya, Pemilu 2014, Latupono kembali dipercayakan untuk membawa amanah rakyat di lembaga legislatif Kota Ambon.

Sebagai pemenang ketiga Pileg 2019, Partai Gerindra berhak menduduki kursi pimpinan DPRD Kota Ambon, dan lagi-lagi karena kepiawaiannya maka Latupono ditunjuk sebagai wakil Ketua II DPRD Kota Ambon.

Latupono mengakui, keberhasilan yang diraih selama ini tidaklah terlepas dari doa dan dukungan istri tercinta, Zulhaidah Latuconsina S.Sos dan anak semata wayang, M Irsad Latupono.

“Istri saya selalu berpesan bahwa, jabatan yang Tuhan berikan adalah amanah maka harus dijalani dengan sungguh-sungguh,” tandasnya.

Istrinya Zulhaidah Latuconsina S.Sos adalah anak ketiga dari lima bersaudara pasangan Hadi Latuconsina dan Sarapiah Latuconsina.

Tanggung jawab sebagai wakil rakyat menurut Latupono sangat besar karena yang diperjuangkan adalah amanah dan aspirasi masyarakat.

Olehnya itu, tanggungjawab sebagai wakil rakyat haruslah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh walaupun tantangan begitu besar. Sehingga masyarakat tetap percaya dan yakin atas amanat yang diberikan kepada kita.

Latupono mengaku tidak takabur menghadapi pesta politik 2019, mengingat begitu banyak kader terbaik yang siap maju bertarung memperebutkan 35 kursi di DPRD Kota Ambon. Satu-satunya keyakinan dan modal yang dimiliki dan melandasi perjuangannya yakni sumbangsih yang sudah dilakukan dan diberikan untuk warga Kota Ambon Manise.

“Intinya, lakukanlah yang terbaik untuk rakyat. Insha Allah, rakyat akan tetap memberikan kepercayaan kepada kita untuk menyuarakan jeritan hati mereka,” pungkas Latupono.

PROFIL TOKOH

  • Nama Lengkap : Rustam Latupono SPi
  • Tempat/Tanggal
    Lahir : Ambon 8 Agustus 1974
  • Pendidikan :
    SD Negeri 21 Ambon
    SMP Negeri 1 Ambon
    SMA Negeri Tulehu
    S1 Fakultas Perikanan Unpatti Angkatan 2001
  • Jabatan :
    1. Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Dari Partai Gerindra
    2. Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Ambon
  • Karir Politik :
    1. Aggota DPRD KOTA Ambon Periode 2009-2014 Daerah Pemilihan Ambon II
    2. Ketua Fraksi Gerindra Amanat Kedaulatan (GAK)
    3. Anggota DPRD KOTA Ambon Periode 2014-2019
    4. Wakil Ketua II DPRD Kota Ambon (Sampai Sekarang)
    5. Calon Legislatif Daerah Pemilihan Ambon II Tahun 2019 Nomor urut 1
  • Karya/Prestasi :
    1. The Best Indonesian Leader Award 2018 oleh Forum Komunikasi Wartawan Indonesia (FKWI).
    2.  Apresiasi Pemimpin Pembawa Perubahan – Pemimpin Inspiratif 2018 oleh 7sky Media Awards. (***)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: