dari katong par katong samua

Ini Pidato Terakhir Said Assagaff Sebagai Gubernur Pada HUT ke-73 Provinsi Maluku

88

AMBONMANISE.COM- Said Assagaff menyampaikan pidato HUT Ke-73 Provinsi Maluku terakhirnya sebagai Gubernur di gedung DPRD Provinsi Maluku, Senin (20/8).

Dalam pidatonya, Assagaff mengatakan, pertumbuhan ekonomi Maluku pada triwulan I tahun 2018 sebesar 5,24 persen. Diharapkan di akhir tahun nanti, bisa menyentuh angka 6 persen. Capain besaran PDRD atas dasar harga berlaku triwulan II tahun 2018 mencapai Rp10,59 triliun.

Selain itu lanjut Assagaff, inflasi Maluku tiga tahun terakhir berhasil ditekan secara signifikan pada angka 6,15 persen. Tahun 2015, turun ke 3,26 persen. Di tahun 2016/2017 terus mengalami penurunan menjadi 0,76 persen.

Demikian pula, angka kemiskinan juga mengalami penurunan. Sebab komitmen pemerinrtah daerah dalam memerangi kemiskinan dituangkan dalam berbagai program pembangunan di masyarakat.

“Angka kemiskinan disaat kami mulai menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku mencapai 19,27 persen. Angka itu terus ditekan hingga 18,12 persen pada triwulan I tahun 2018,”ujar Assagaff.

Menurutnya, semua pencapaian itu tidak akan mungkin diraih semata-mata oleh peran satu-dua orang. Namun berkat dukungan dan kerja semua pihak, Legislative, Eksekutif, Yudikatif, TNI/Polri, pelaku usaha, tokoh agama, insan pers dan elemen masyarakat lainnya.

Olehnya itu, melalui dirgahayu Provinsi Maluku 2018 ini Assagaff menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan, partisipasi, kontribusi serta kerja keras kepada pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Maluku, Forkopimda Provinsi Maluku, Bupati-Wakil bupati, Walikota-Wakil Walikota, Seluruh ASN, DPRD kabupaten/kota, pemimpin umat beragama, organisasi kemasyarakatan, insan pers serta komponen masyarakat lainnya.

“Sudara-saudara adalah pejuang Maluku masa kini, yang akan terus menjadi pelaku-pelaku sejarah dalam pemerintahan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di bumi cengkeh dan pala ini.

Hari ini merupakan pidato terakhir saya sebagai Gubernur Maluku dalam perayaan HUT Ke-73 Provinsi Maluku. Olehnya itu, ijinkan saya mengucapkan “Dirgahayu Negeriku, Dirgahayu Tanah Tumpah Daraku, Majulah Maluku, Jayalah Maluku,” tutup Assagaff. (AM-01)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: