dari katong par katong samua

Huwae : Pembangunan Di Maluku Terus Berkembang Dari Waktu Ke Waktu

68

AMBONMANISE.COM-  Ketua DPRD Provinsi Maluku, Edwin Huwae mengatakan, mengatakan momentum peringatan HUT Ke-73 Provinsi Maluku, Senin (20/8) merupakan refleksi ungkapan syukur atas perjalanan provinsi ini dalam mengapai masa depan yang lebih baik. Sekaligus wahana untuk mengevaluasi dan mengintropeksi berbagai hal yang telah dilakukan sepanjang perjalanan negeri tercinta.

Menurutnya, 73 tahun bukanlah waktu yang singkat, yang telah dilalui daerah ini bersama rakyat dalam upaya meniti masa depan yang lebih baik dari waktu ke waktu.

“Oleh karena itu, selaku rakyat Maluku kita diberikan kesempatan untuk merayakan HUT provinsi Maluku saat ini, maka tentu perayaan ini memiliki makna yang mendalam,”ujar Huwae.

Dijelaskan, proses pembangunan Maluku yang dilakukan selama ini telah jauh berkembang, dapat dilihat secara kasat mata dimana hampir seluruh wilayah di Maluku telah tersentuh oleh program pembangunan.

Hal ini terlihat secara perlahan dearah yang duhulu terisolir dapat diakses melalui pembangunan jalan, jembatan, bandar udara, pelabuhan, dermaga penyebrangan dan lain sebagainya,  sehingga terus tumbuh dan berkermbang di segala aspek kehidupan.

Kata Huwae, pembangunan di provinsi Maluku yang telah dilaksanakan dari waktu ke waktu secara umum telah menunjukan perkembangan yang cukup baik, diantaranya meningkatnya aksesibiliitas masyarakat, yang berdampak pada  pertumbuhan ekonomi.

Namun sayangnya, jelas Huwae peningkatan perekonomian masyarakat masih terus diperhadapkan dengan kendala keterbatasan pembangunan, kemampuan untuk mengoptimalkan Pendapat Asli Daerah (PAD). Hal ini dikarenakan ketergantungan keuangan daerah terhadap dana yang berasal dari pemerintah pusat DAU, dan DAK serta tugas pembantuan masih sangat minim.

“Hal ini mengakibatkan sejumlah program pembangunan yang diharapkan, diantaranya mengningkatkan kesejahrteraan rakyat Maluku belum dapat dilakukan secara optimal,”ucapnya.

Dijelaskan, ada sejumlah masalah yang masih perlu menjadi perhatian bersama adalah, kualitas pendidikan di Maluku, perbaikan kualitas hidup perempuan dan anak, pelalayan kepada masyarakat, di bidang kesehatan dalam hal ini penyebaran tenaga medis, rendahnya insentif terhadap dokter ahli, kurang  tersedia sarana dan prasana kesehatan yang memadai dan lain sebagainya.

“Semua persoalan tersebut di masa pemerintahan Said Assagaff – Zeth Sahuburua sudah menunjukan adanya perkembangan. Hal ini tentu sangat menggembirakan dan patut diberikan apresiasi sebagai landasan dalam meningkatan  pembanguna nselanjutnya,”tuturnya.

Untuk itu, melalui HUT Ke-73 Provinsi Maluku ini, dirinya mengajak seluruh komponen daerah ini, untuk menyatukan langkah dan tekat membangun Maluku  menuju kehidupan masyarakat yang aman damai dan sejahtera.

Diakhir rapat, Gubernur dan Wakil Gubernur Zeth Sahubura, beserta pimpinan DPRD menyempatkan memberikan hadiah kepada pemenang perlombaan menjelang HUT Proklamasi RI dan HUT provinsi Maluku, yakni lomba kebersihan kantor, juara I Dinas Kelautan dan perikanan Maluku, juara II Dinas Parawisata, juara III Dinas Lingkungan Hidup. Lomba gerak jalan, juara I Dinas Peribdustrian dan Perdagangan Maluku, juara II Biro Pemerintahan dan juara III Sekretariat DPRD Maluku. (AM-01).

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: