dari katong par katong samua

Barends Serahkan 500 Kg Bibit Padi Hasil Riset BATAN Untuk Petani SBB

136

AMBONMANISE.COM- Anggota Komisi VII DPR RI, Mercy Chriesty Barends menyerahkan 500 Kg bibit padi hasil riset Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) kepada delapan kelompok tani di kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Penyerahan ini berlangsung di aula kantor Desa Waimital, Rabu (27/2) yang dihadiri DR Ferhat Azis, penasehat teknis pimpinan BATAN, bidang kerjasama internasional, Sekretaris Daerah Kabupaten SBB, Mansyur Tuharea, Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan kabupaten SBB, camat Kairatu serta Kepala Desa Waimital dan Waipirit.

Dalam sambutannya, Barends mengatakan tahun 2019 provinsi Maluku mendapat bantuan 700 kg beras berteknologi nuklir ini diperuntuhkan untuk petani-petani di SBB dan Buru.

“Ada delapan kelompok tani yang tersebar di Desa Waipirit, Waihatu, Waimital dan Gemba yang mendapat bantuan 500 Kg bibit padi. Sementara 200 Kg diperuntuhkan bagi kelompok tani di Kabupaten Buru,” ungkap Srinkadi PDI Perjuangan ini.

Menurut ia, bantuan bibit padi jenis Si Denok ini kalau dimanfaatkan secara baik oleh petani dan mendapat dukungan dari pemkab SBB maka kedepan daerah ini merupakan salah satu wilayah pemasok komuditi pangan (beras) terbesar di Maluku selain Buru.

“Wilayah SBB dari sektor pertanian sangat potensial dan menjanjikan. Olehnya itu, saya memberikan perhatian lebih dengan harapan kedepan hasil panen sangat memuaskan. Sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi para petani di daerah bertajuk Saka Mese Nusa ini,” ujar Barends.

Dijelaskan, bibit padi ini memiliki keunggulan lebih dari bibit padi jenis lainnya. Dalam setahun tiga kali panen. Sementara bibit padi yang lain hanya dua kali setahun.

“Sudah tentu, pendapatan petani terus meningkat. Keluarga sejahtera, dan pasokan beras untuk masyarakat tidak tergantung dari wilayah lain. Itu yang kita harapkan,” kata ia.

Dikatakan, Pulau Buru saat ini terjadi pergeseran tata ruang yang berdampak pada sektor pertanian. Hal itu diakibatkan dari aktifitas pertambangan yang merusak lingkungan alam sekitar. Olehnya itu, daerah yang potensial seperti SBB harus dikembangkan sektor pertanian melalui pemberian bibit pangan unggulan dan berkualitas seperti yang diberikan oleh BATAN maupun LIPI.

“Saya harap bukan saja beras tetapi komuditi pangan lainnya, misalkan kopra, cengkih, pala dan buah-buahan juga mendapat perhatian. Termasuk sektor perikanan. Sehingga hasilnya dapat bermanfaat dan tepat guna bagi kepentingan masyarakat,” harap Barends.

Sementara itu, Sekda SBB, Mansyur Tuharea memberikan apresiasi atas bantuan bibit padi yang serahkan Anggota Komisi VII, Mercy C Barends atas kerjasama dengan BATAN.

Olehnya itu, Mansyur berharap agar para petani dapat memanfaatkan bantuan bibit padi ini secara baik. Selain itu, dirinya meminta Kepala Dinas Pertanian SBB untuk bekerjasama dengan BATAN dalam rangka meningkatkan sektor pangan di kabupaten itu.

Menurut ia, ada banyak komuditi pangan yang menjadi andalan di kabupaten SBB, namun untuk peningkatan kualitas produksi maka butuh campur tangan berbagai pihak termasuk BATAN.

“Saya harap, kedepan kerjasama antara pemkab SBB dengan BATAN dapat terjalin dalam berbagai sektor khususnya pertanian dan perikanan,” kata ia.

Selain penyerahan bantuan, juga dilakukan sosialisasi dengan tema Pemanfaatan Hasil BATAN Demi Kesejahteraan Masyarakat.

DR Ferhat Azis, penasehat teknis pimpinan BATAN, bidang kerjasama internasional dalam sosialisasi itu merasa bangga di provinsi Maluku.

“Saya bangga ada di Maluku, karena pencetus berdirinya BATAN ini adalah tokoh asal Maluku, Dr Siwabessy yang dulunya bersama lembaga Atom. Olehnya itu, wilayah Maluku menjadi salah satu provinsi yang menjadi perhatian serius dari BATAN.

Bahkan saat ini, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Universitas Pattimura untuk melakukan sejumlah riset diberbagai bidang keilmuan.

Ditempat terpisah, ketua kelompok tani Sido Rukun asal Gemba, Suhardi mengaku senang mendapat bantuan bibit padi ini.

“Saya senang sekali dan ini ada perhatian dari wakil rakyat di tingkat DPR RI bagi kami para petani di Kabupaten SBB. Kami berjanji akan memanfaatkan bantuan ini secara baik,” ungkap ia.

Dirinya berharap, kalau hasil panennya meningkat, kedepan bantuan bibit padi ini diberikan dalam jumlah yang besar. (AM-01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: