dari katong par katong samua

SBT Miliki Potensi Sagu Terbesar Di Maluku

769
Hutan Sagu

AMBON Tribun-Maluku.com- Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) memiliki potensi Sagu terbesar di Provinsi Maluku, baik dari segi luas areal (Ha) maupun produksinya (Ton).

Sagu jenis Molat hanya ada di Maluku yaitu di SBT, sehingga Dinas Petanian Provinsi Maluku membuat penataan areal Sagu.

Penataan areal Sagu dilakukan di Desa Belis Kecamatan Teluk Waru dan di Desa Sumber Agung Kecamatan Bula Barat,”kata Kepala Bidang Perkebunan Distan Maluku Ir. Batha Pattinama di Ambon, Jumat (13/10/2017).

Menurutnya, luas areal tanaman Sagu di Kabupaten Seram Bagian Timur sebesar 35.717 Ha, sedangkan produksinya 9.323 Ton. Disusul Kepulauan Aru luas 323 Ha produksi 0,1 Ton, Seram Bagian Barat (SBB) luas 229 Ha produksi 5,2 Ton dan Maluku Tengah luas 175,4 Ha produksi 27,4 Ton.

Potensi Sagu yang baik ini perlu di tata serta di kelola secara lebih profesional untuk meningkatkan pendapatan petani di daerah ini.

“Untuk itu ke depan perlu dipikirkan untuk pembuatan pabrik kilang Sagu, seperti yang terjadi di Provinsi Riau,”ucapnya.

Dikatakan, di Provinsi Riau tepatya di Kabupaten Miranti telah dikembangkan pabrik kilang Sagu dan sebanyak 67 pabrik kilang Sagu di sana.(TM02)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: